Senin, 24 Mei 2010

UAS

soal-soal UAS....

5 komentar:

  1. (UAS) 1. Rani, coba jelaskan berdasarkan teori psikologi pendidikan mengapa di bulan April tidak ada posting di blog.

    BalasHapus
  2. Saya tidak melakukan posting pada bulan April kemaren karena tidak ada motivasi dari dalam diri saya maupun dari luar. Karena motivasi itulah yang memberikan saya semangat,arah dan kegigihan dalam saya berperilaku. Dimana motivasi itu berasal dari dalam diri dan dari luar diri.
    Motivasi Ekstrinsik adalah motivasi dalam melakukan sesuatu untuk mendapatkan sesuatu yang lain (cara untuk mencapai tujuan). Disini motivasi ekstrinsik saya adalah untuk dapat mengerjakan tugas yang diberikan pada mata kuliah Psikologi Pendidikan maka saya harus melakukan posting di blog ini karena tugas yang diberikan berhubungan dengan blog ini. Jika motivasi ekstrinsik itu tidak ada maka saya pun merasa tidak termotivasi untuk melakukan posting di blog ini karena saya tidak tahu apa yang harus saya posting dalam blog ini. Karena menurut perspektif Behavioral, dalam menentukan motivasi maka harus ada penekanan dalam imbalan dan hukuman eksternal sebagai kuncinya. Dan sampai saat ini saya merasa bahwa saya menggunakan blog ini pun untuk memenuhi persyaratan dalam mata kuliah Psikologi Pendidikan dan saya pun merasa saya melakukan posting di blog agar saya memenuhi tugas mata kuliah Psikologi Pendididkan
    Dan saya pun tidak memiliki motivasi intrinsik, karena tidak ada motivasi internal untuk melakukan sesuatu(tujuan itu sendiri) tidak saya miliki. . Karena sejujurnya saya sangat kurang kreatif sehingga saya tidak tahu apa yang harus saya posting dalam blog ini dan rasa kertertarikas saya pada blog ini pun kurang sehingga membuat saya tidak termotivasi untuk dapat melakukan posting di blog ini.

    BalasHapus
  3. (UAS) 2. Coba jelaskan berdasarkan teori psikologi pendidikan sehubungan dengan janji saya untuk men-deliver nilai, namun belum terlaksana.

    BalasHapus
  4. Terima kasih bu atas soal keduanya.
    Saya akan menjawab sesuai dengan persepsi saya. Mengapa Ibu sampai saat ini belum juga me-deliver nilai? Menurut saya hal ini terjadi karena kurang adanya motivasi dari luar terhadap Ibu. Contohnya: kami pun tidak terlalu mendesak Ibu memberikan nilai dengan segera sehingga Ibu tidak termotivasi untuk me-deliver nilai secepatnya.

    Namun disisi lain saya juga mempersepsikan bahwa Ibu memberikan kami motivasi melalui google group. Untuk mendapatkan nilai tambahan,kami dapat memberikan topik pada google group ini. Jika kami sudah mengetahui nilai kami,kami akan kurang termotivasi untuk menambah nilai karena kami mungkin sudah merasa bahwa nilai kami sudah cukup baik sehingga tidak perlu lagi dalam memberikan topik di google group. Ini pun membuat kami semakin kreatif dan dapat berpikir secara luas dan konkret.

    Motivasi yang dibahas pada jawaban ini adalah motivasi ekstrinsik dimana motivasi ini didapatkan dari pihak luar agar tercapainya suatu tujuan. Jawaban saya pertawa bahwa dalam hal ini tidak adanya motivasi ekstrinsik dari mahasiswa kepada Ibu sehingga Ibu kurang termotivasi untuk me-deliver nilai dan jawaban kedua saya bahwa adanya motivasi ekstrinsik yang diberikan oleh Ibu kepada kami agar kami selalu aktif dalam google group.
    Demikian persepsi saya mengenai pertanyaan kedua ini yang dikaitkan pada teori psikologi pendidikan (motivasi).

    BalasHapus
  5. Rani, jawabanmu menambah variasi...

    Skor UASmu 90.

    BalasHapus